PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR ONLINE PADA ANAK USIA 9-10 TAHUN DI DESA BANGUNMULYO KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2021

Rosyid, Mukhammad (2021) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR ONLINE PADA ANAK USIA 9-10 TAHUN DI DESA BANGUNMULYO KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2021. PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR ONLINE PADA ANAK USIA 9-10 TAHUN DI DESA BANGUNMULYO KECAMATAN PAKEL KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2021.

[img] Text (ABSTRACT)
MUKHAMMAD ROSYID (A).pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (JOURNAL)
JURNAL - ROSYID - Mukhammad Rosyid.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran dilaksanakan secara online atau daring pada masa pandemi covid-19 memungkinkan anak mempunyai penurunan konsentrasi karena suasana belajar di rumah tidak sama dengan di sekolah. Salah satu terapi untuk memperbanyak aktifitas gerak dan pemikiran yang melibatkan otak adalah teknik Brain Gym yang merupakan kumpulan gerakan-gerakan sederhana dan bertujuan untuk menghubungkan/ menyatukan pikiran dan tubuh. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh brain gym terhadap kemampuan konsentrasi belajar online pada anak usia 9-10 tahun di Desa Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun 2021. Penelitian dilakukan tanggal 19-30 April 2021 dan 24 Mei s/d 5 Juni 2021. Desain penelitian Pre Eksperimental Design dengan menggunakan model one group pre test - post test desain. Populasi penelitian semua siswa SD usia 9-10 tahun di Desa Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung sejumlah 66 orang, sampel diambil dengan teknik purposive sampling sejumlah 30 orang. Variabel bebas brain gym (senam otak), variabel terikat kemampuan konsentrasi belajar online. Data diolah dengan editing, coding, scoring dan tabulating, kemudian dianalisis menggunakan uji wilcoxon dengan program SPSS. Hasil penelitian didapatkan sebelum brain gym sebagian besar responden konsentrasi belajarnya adalah cukup yaitu sebanyak 19 responden dengan prosentase 63%, sesudah brain gym hampir seluruh responden konsentrasi belajarnya adalah baik yaitu sebanyak 27 responden dengan prosentase 90%. Ada pengaruh brain gym terhadap kemampuan konsentrasi belajar online pada anak usia 9-10 tahun di Desa Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung tahun 2021 dimana uji statistik wilcoxon signed rank didapatkan nilai p-value 0,000 < 0,05. Brain gym dapat memberikan keuntungan yaitu memungkinkan belajar dengan penuh konsentrasi, dapat dilakukan dalam waktu singkat, tidak memerlukan bahan atau tempat yang khusus, dapat dipakai dalam semua situasi belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Brain Gym, Konsentrasi Belajar Online, Anak Usia 9-10 tahun
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:19
Last Modified: 14 Mar 2022 06:19
URI: http://repository.stikestulungagung.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item