HUBUNGGAN KEMAMPUAN TINGKAT KOGNITIF ANAK USIA 10 TAHUN DENGAN PRESTASI BELAJAR DARING DIMASA PANDEMIK DI SDN JEMEKAN 01 KEDIRI TAHUN 2021

Saputri, Dinda (2021) HUBUNGGAN KEMAMPUAN TINGKAT KOGNITIF ANAK USIA 10 TAHUN DENGAN PRESTASI BELAJAR DARING DIMASA PANDEMIK DI SDN JEMEKAN 01 KEDIRI TAHUN 2021. HUBUNGGAN KEMAMPUAN TINGKAT KOGNITIF ANAK USIA 10 TAHUN DENGAN PRESTASI BELAJAR DARING DIMASA PANDEMIK DI SDN JEMEKAN 01 KEDIRI TAHUN 2021.

[img] Text (ABSTRACT)
DINDA SAPUTRI (B).pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (JOURNAL)
jurnal dinda saputri - Dinda Saputri.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan kualitas pendidikan yang masih cukup rendah jika di bandingkan negara berkembang lainnya. Tingkat kognitif yang baik membuat siswa mengenal dan memahami materi yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan kemampuan tingkat kognitif anak usia 10 tahun dengan prestasi belajar daring dimasa pandemik di SDN Jemekan 01 Kediri tahun 2021. Desain penelitian yang digunakan adalah corelational analytic design dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini semua semua siswa anak usia 10 tahun di SDN Jemekan 01 Kediri tahun 2021 yang berjumlah 39 siswa. Sampel penelitian sebagian siswa anak usia 10 tahun di SDN Jemekan 01 Kediri tahun 2021 yang memenuhi kriteria inklusi penelitian dengan jumlah 30 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian lembar kuesioner yang dilengkapi data umum penelitian. Pengolahan data berupa editing, coding, scoring, tabulating, dan analisa data menggunakan uji non-parametrik spearman rho dengan program SPSS. Tingkat kognitif responden sebagian besar sedang dengan jumlah 13 responden (43%). Prestasi belajar siswa sebagian sangat baik dengan jumlah 14 responden (47%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar responden yang mempunyai tingkat kognitif tinggi seluruhnya mempunyai prestasi belajar sangat baik dengan jumlah 9 responden (30%). Sedangkan responden yang mempunyai tingkat kognitif kurang sebagian besar mempunyai prestasi belajar cukup dengan jumlah 6 responden (20%). Pada uji statistik didapatkan ρ value 0,000 dengan α 0,05. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat Hubungan kemampuan tingkat kognitif anak usia 10 tahun dengan prestasi belajar daring dimasa pandemik di SDN Jemekan 01 Kediri tahun 2021. Perlunya siswa meningkatkan kemampuan kognitif agar mendapatkan prestasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif, Pembelajaran daring, Prestasi Belajar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:24
Last Modified: 14 Mar 2022 03:24
URI: http://repository.stikestulungagung.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item