HUBUNGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Mahasiswa Prodi DIII TLM Tingkat II Stikes Hutama Abdi Husada Tulungagung Tahun 2020

Masruroh, Eny HUBUNGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Mahasiswa Prodi DIII TLM Tingkat II Stikes Hutama Abdi Husada Tulungagung Tahun 2020. Other. Stikes Hutama Abdi Husada Tulungagung.

[img] Text (MONOGRAPH)
LAPORAN AKHIR ENY GANJIL 20 fix.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Terjadinya pandemi covid-19 sangat mempengaruhi pada sistem pendidikan, dimana pembelajaran dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi dan media internet atau disebut E-Learning. Beberapa kendala yang ada dalam pembelajaran ini membuat para peserta didik kurang berminat terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganilis apakah terdapat hubungan antara pembelajaran E-Learning dengan minat belajar selama pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Prodi Diploma III Teknologi Laboraturium Medis Tingkat II Stikes Hutama Abdi Husada Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis kuantitatif yang dipakai adalah kuantitatif survey dimana informasi dikumpulkan melalui kuisoner. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi DIII Teknologi Laboraturium Medis Tingkat II sebanyak 36 orang, sampelnya adalah seluruh mahasiswa menggunakan tehnik total sampling, Variabel independent yaitu Pembelajaran E-Learning, dan variabel dependent Minat Belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistiknya menggunakan uji Spearman Rho Hasil analisis kuantitatif sederhana menggunakan uji statistik spearman rho didapatkan ρ value (0,000) dengan α (0,05), karena ρ < α maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan Pembelajaran E-Learning dengan Minat Belajar di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Prodi Diploma III Teknologi Laboraturium Medis Tingkat II Stikes Hutama Abdi Husada Tulungagung Tahun 2021. Pembelajaran e-learning memiliki peran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa karena pembelajaran e-learning disajikan berupa text, suara, gambar, grafik sehingga tampilan bahan ajar lebih menarik, bervariasi, serta membangun suasana belajar baru. Pembelajaran ini memanfaatkan teknologi yang lebih modern sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Solusi untuk menjaga minat belajar mahasiswa agar tetap baik adalah dengan pelaksanaan implentasi e-learning yang baik, serta memaksimalkan fasilitas pembelajaran yang menunjang.

Item Type: Monograph (Other)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Minat belajar, Covid-19
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: STIKes Hutama Abdi Husada Tulungagung
Date Deposited: 29 Sep 2022 14:48
Last Modified: 29 Sep 2022 14:48
URI: http://repository.stikestulungagung.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item